15 Februari 2011

manfaat sholat dhuha

Assalamualaikum wr.wb akhirnya sidemin yang ke sekian ini nyoba buat berbagi ilmu, ilmu kan bermanfaat dan pahalanya tidak akan putus sampai akhirat kelak. iya kan? nah, kali ini sidemin mau coba berbagi tentang manfaat dari sholat dhuha.

oke, mungkin mayoritas dari kita tau apa yang dimaksud dengan sholat dhuha. tapi sudahkah kita selama ini mengamalkannya? *gausah dijawab, cukup jawab dalam hati*
sholat dhuha sendiri waktunya berkisar antara matahari yang mulai terangkat naik kira-kira sepenggelah dan berakhir hingga sedikit menjelang masuknya waktu zhuhur meskipun disunnahkan agar dilakukan ketika matahari agak tinggi dan panas agak terik.
*kalo di smansa, biasanya musholla lumayan padat saat istirahat pertama, yaitu untuk bersama-sama menunaikan sholat dhuha*

adapun manfaat dari sholat dhuha sendiri, antara lain adalah :

1. diriwayatkan oleh Muslim, Abu Daud dan Ahmad dari Abu Dzar bahwa

Rasulullah saw bersabda,”Hendaklah masing-masing kamu bersedekah untuk setiap ruas tulang badanmu pada setiap pagi. Sebab setiap kali bacaan tasbih adalah sedekah, setiap tahmid adalah sedekah, setiap takbir adalah sedekah, setiap tahlil adalah sedekah, setiap takbir adalah sedekah, menyuruh orang lain agar melakukan amal kebaikan adalah sedekah, melarang orang lain agar tidak melakukan keburukan adalah sedekah. Dan sebagai ganti dari semua itu maka cukuplah mengerjakan dua rakaat shalat dhuha.”

2. diriwayatkan oleh Ahmad dan Abu Daud dari Buraidah bahwa

Rasulullah saw bersabda,”Dalam tubuh manusia itu ada 360 ruas tulang. Ia harus dikeluarkan sedekahnya untuk tiap ruas tulang tersebut.” Para sahabat bertanya,”Siapakah yang mampu melaksanakan seperti itu, wahai Rasulullah saw?” Beliau saw menjawab,”Dahak yang ada di masjid, lalu pendam ke tanah dan membuang sesuatu gangguan dari tengah jalan, maka itu berarti sebuah sedekah. Akan tetapi jika tidak mampu melakukan itu semua, cukuplah engkau mengerjakan dua rakaat shalat dhuha.”

subhanallah ya, pasti teman-teman tergiur kan akan pahala-pahal seperti yang sudah disebutkan dalam hadits di atas? kalo iya, ayo sekarang mulai berlomba-lomba untuk mengerjakan amalan sunnah tersebut !

terus pasti muncul pertanyaan lagi nih * (berdasarkan pengalaman pribadi sidemin)
Q : boleh ga sih kita sholat dhuha sebagai pengganti sholat subuh misalnya karena kita kesiangan?
A : TENTU SAJA TIDAK. sholat dhuha yang merupakan amalan sunnah, kedudukannya tidak bisa menggantikan sholat subuh yang hukumnya wajib. jadi sebesar apapun pahala sholat sunnah, tidak bisa menggantikan pahala sholat yang hukumnya wajib.

ini posting versi rohani, wallahu'alam. semoga bisa bermanfaat bagi pembaca pada umumnya dan sidemin pada khususnya. amin !

0 komentar: