29 Desember 2008

Good Plan for Good Result

Oriens, kita sebagai MPK yang notabene adalah konseptor, tentu harus berusaha memiliki ide-ide cemerlang dalam melakukan sesuatu. Kita sebagai pemikir harus bisa merancang konsep kegiatan yang kiranya bisa sukses terlaksana. Atau dengan kata lain, kita harus bisa membuat perencanaan yang baik!!!


”Perencanaan yang baik kan membawa hasil yang maksimal”


Kata-kata itu memang bener banget. Kita harus bisa membuat suatu perencanaan yang baik, lalu melaksanakannya, supaya bisa mendapat hasil yang maksimal. Makanya, sering-seringlah berkoordinasi antara sesama anggota MPK, terutama kalau kita akan atau sedang mengadakan kegiatan. Buat oriens kecil, jangan malu buat bertanya kalau ada yang masih belum ngerti, karena tugas oriens besar adalah membimbing oriens kecil. Kalau ada yang mau disampaikan, katakanlah dengan segera. Kalau punya ide atau pemikiran, ya utarakan. Jangan diem aja. Siapa tahu pendapat kalian itu benar dan bisa mendukung kegiatan yang nantinya akan dilaksanakan. Selalu jaga komunikasi dengan yang lainnya, saling berbagi informasi, dan tetaplah menjadi satu keluarga.


Sekarang-sekarang ini, masalah yang sering terjadi pasti masalah waktu. Sering bentrok sama kegiatan lainlah, ada perlu atau kepentinganlah, daan berbagai macam alasan lain yang berhubungan sama waktu. Nah, berikut ini ada 12 tips mengatur waktu:

1. Gunakan kalender untuk membuat rencana-rencana.

2. Buat daftar Tugas Harian: Tulis semua hal yang harus kamu kerjakan hari ini, tulis semua hal yang seharusnya kamu kerjakan kemarin tapi ggak smpat, tlis semua al yang harus kamu siapkan untuk beberapa hari ke dapan, priritaskan tugas rianmu, dan perisa kembali tugas yang sudah kamu selesaikan.

3. Mulailah tiap hari denganmembuat rencana bagaimana kamu akan melewatkan waktu. Kalau kamu nggak bisa membuat rencana, sama saja kamu merencanakan untuk gagal.

4. Masukkan nilai dan target pribadimu ke dalam rencana yang kamu buat Ubah harapan dan impian menjadi kenyataan.

5. Bersikaplah fleksibel. Segala sesuatu bisa berubah. Beri waktu untuk ruangmu sendiri dalam beradaptasi dengan lingkungan baru dan manfaatkan kesempatan baru yang muncul.

6. Singkirkan tugas yang nggak perlu kamu lakukan, atau tugas yang sudah kadaluarsa, atau tugas yang nggak penting-penting amat bagimu. Jangan jejalkan tugas-tugas sepele pada Tugas Harianmu. Coret saja tugas itu dan lupakan.

7. Berusahalah agar kamu nggak terlalu membebani dirimu sendiri.

8. Belajarlah untuk berkata nggak. Tetaplah fokus pada target dan prioritas yag sudah kamu tentukan. Jangan sampai menyenangkan orang lain kamu taruh di puncak daftarmu.

9. Cari dan manfaatkan waktu-waktu singkat dalam hidupmu. Kita bisa memanfaatkan waktu-waktu singkat. Pilih tugas kecil, selesaikan, dan singkirkan dari daftar tugasmu.

10. Kenali kegiatan-kegiatan yang mencuri waktumu.

11. Singkirkan sifat suka menunda-nunda.

12. Sisihkan waktu untuk bersenang-senang Tapi ingat, selesaikan dulu tugasmu. Waktu santai akan terasa lebih nikmat kalau nggak ada tugas yang belum kamu selesaikan.


”Waktu adalah kehidupan itu sendiri. Kamu nggak bakal bisa mengembalikan dan menggantikan waktu. Menyia-nyiakan waktu berarti menyia-nyiakan hidup, tapi menguasai waktu berarti menguasai hidup dan memnaaatkannya dengan sebaik mungkin.”

---Alan Lakein


Insya Allah, kalau kita bisa memanage waktu dengan baik, semua kegiatan bisa terlaksana sesuai target dan membawa kepuasan tersendiri bagi kita. Ayooo belajar mengatur waktu. Waktu di Pra-BDM dan BDM sudah diajarkan, bukan? Tolong diaplikasikan...

0 komentar: