29 Desember 2008

Pesan Khusus Buat Oriens Kecil

3 alasan untuk lebih bertoleransi:

1. Semakin kamu kenal, semakin berkurang rasa takutmu.

Pernah nggak kamu memiliki prasangka terhadap seseorang, lalu ternyata prasangkamu tersebut salah begitu kamu sudah mengenalnya? Begitulah awal mula toleransi. Begitu kamu sadar nggak ada yang perlu kamu takutkan, kamu menjadi lebih bersedia mencoba hal-hal baru, ide baru, dan bertemu orang-orang baru. Selagi kamu melatih toleransi dan menjadi lebih nyaman menghadapi perbedaan dengan cara mengalaminya langsung lewat persahabatn dengan orang lain, keingintauan menggantikan posisi rasa takut. Piiranmu menjadi terbuka. Kamu mulai menghormati pendapat, tindakan, dan perilaku orang lain. Kamu mendapatkan pengertian yang lebih dalam tentang diri sendiri dan orang lain. Mudah sekali membenci dtereotip, tapi sulit membenci seseorang yang sudah kamu kenal dan kamu mengerti dengan baik.

2. Orang-orang yang memiliki toleransi jauh lebih percaya diri dan nyaman dalam segala situasi.

Siapa yang nggak ingin merasa lebih aman dan lebih terjamin kapan pun dimana pun? Penelitian telah menunjukkan bahwa mereka yang mau bergaul dengansiapa saja, dengan berbgai jenis orang, maka secara emosional dan fisik, orang tersebut jauh lebih sehat dan lebih sukses meniti karier.

3. Toleransi menjadikan hidup lebih indah

Bagaimana rasanya kalau kamu hanya diperbolehkan membaca buku karangen seorang penulis saja? Bagaimana kalau kamu nggak pernah diperbolehkan mencoba hal baru, bahkan minuman ringan atau video game ru? Bagaimana kalau semua temanmu terlihat, berpikiran, dan berprilaku sama? Bagaimana kalau semua temanmu memiliki usia, agama, gender, dan ras yang sama? Menjemukan. Begitulah jadinya kalau hidup tanpa adanya perbedaan .


”Hasil tertinggi dari pendidikan adalah toleransi.”

--Helen Keller


Nah, udah cukup jelas kan? Setiap manusia itu diciptakan berbeda-beda oleh Allah, baik dari segi fisik maupun sifatnya. Rasulullah juga pernah bersabda bahwa perbedaan itu adalah rahmat.


Hubungannya sama MPK adalah, kita disatukan dalam suatu organisasi yang bernama MPK. Disini, bermacam-macam orang yang ada. Keberagaman inilah yang menyebabkan sesama kita harus saling toleransi. Saling mengenal dan saling mengerti pribadi orang lain. Jangan memandang orang hanya sebelah mata saja. Selalulah berpikiran positif dalam menghadapi sesuatu. Saling merangkul satu sama lain.



Oriens besar sayang banget sama oriens kecil. Kita menaruh harapan yang besar sama kalian. Kita percaya kalian punya potensi yang amat besar. Tapi masalah niat, kemauan, dan semangat itu hanya bisa ditumbuhkan oleh pribadi masing-masing. Tolong dicamkan dalam diri kalian, bahwa kalian harus komitmen terhadap MPK. Jalankan komitmen itu. Keluarkan dan kembangkan potensi yang kalian punya. Tetap rajin dan bersemangat!


Pesan khusus buat oriens kecil:


SERING-SERING IKUT KUMPUL DOONG! TUNJUKKIN SEMANGAT KALIAN! JANGAN MALAS-MALASAN. KITA SEMUA BUTUH PARTISIPASI DAN KERJASAMA KALIAN SEMUA. BUKTIIN KALAU KALIAN ITU CINTA DAN LOYAL SAMA MPK! TINGKATIN RASA KEKELUARGAAN KALIAN. RASA MEMILIKI DAN RAS MENYAYANGI. RANGKUL LAGI KELUARGA KALIAN. TETAP BERSATU DALAM MPK SMANSA...


Oriens kecil, dimohon banget kesadarannya, jangan nyepelein setiap kumpul yang diadain. Jangan juga ngebiarin cuma orang lain aja yang kerja sedangkan kita nggak. Setiap orang punya kelebihan dan kekurangannya. Kekurangan orang lain bisa saja ditutupi oleh kelebihan yang kita punya. Ayo saling mendukung!


Kita SATU KELUARGA, bukan?


Love you all Oriens...

0 komentar: