29 Desember 2008

Makna Di Balik Sebuah Lencana

Majelis Perwakilan Kelas memiliki 8 buah lencana. Lencana yang bertuliskan Majelis Perwakilan Kelas SMA Negeri 1 Bogor, dan bergambarkan lambang MPK. Kecil, namun amat berharga. Setiap orang yang memilikinya harus menjaganya dengan baik.


Tidak sembarangan orang yang memilikinya. 8 lencana itu ditujukan untuk: Ketua MPK, Ketua DPK, Sekretaris 1, Bendahara 1, Ketua Komisi A, Ketua Komisi B, Ketua Komisi C, dan Ketua Komisi D. Atau dengan kata lain, yang mendapat 8 lencana itu adalah 4 DH kelas XI dan 4 Kakom.

Lencana akan didapat oleh orang-orang tersebut saat pengukuhan DH-Kakom, yang biasanya dilakukan saat akhir regenerasi. Lencana akan dipasangkan di kerah kemeja seragam sekolah masing-masing, lalu dipakai hingga akhir rangkaian acara.

Lencana MPK ini, dipakai pada saat ada kegiatan-kegiatan penting, atau sesuai instruksi Ketum. Yang harus diingat adalah lencana ini bukan mainan, tidak boleh dipakai sembarangan begitu saja. Benar-benar harus dijaga dan dipelihara. Jangan sampai hilang, karena ibaratnya ini adalah warisan turun-temurun dari DH dan Kakom sebelumnya. Memang ini tampaknya hanya simbolik saja, tapi jika kita mengerti di balik lencana ini memiliki banyak makna. Salah satunya adalah lencana melambangkan tanggung jawab kita dalam menjalankan tugas sebagai DH dan Kakom. Maka dari itu, kita harus bekerja sebaik-baiknya. Mengemban amanah, melakukan kinerja yang maksimal, membimbing dan merangkul seluruh anggota MPK. Insya Allah jika bersama pasti kita bisa.

SEMANGAT:)

0 komentar: