08 Mei 2009

FORKIS 2009

15 April 2009


Alhamdulillah, Forkis 2009 sudah dilaksanakan. Tema yang kita angkat pada tahun ini adalah Fasilitas dan Lingkungan Sekolah.

pamflet FORKIS 2009


Pada hari sebelumnya telah diadakan technical meeting, khususnya ditekankan bagaimana cara atau aturan menyampaikan aspirasi pada Forkis 2009.


Rabu, 15 April 2009 adalah hari dimana Forkis dilaksaakan. Untuk panitia, telah didispen sejak awal agar melakukan persiapan terlebih dahulu. Tempat yang dipakai adalah di aula lantai 4, sedangkan waktunya adalah pukul 14.00.


Siang itu sebenarnya angkatan Gatot Kaca (kelas XII) sedang melakukan doa bersama, bapak kepala sekolah dan wakasek lainnya kebetulan terllibat pula dalam acara itu. Jadi kami selaku panitia melihat situasi. Setelah acara doa bersama usai, kami menjemput bapak kepala sekolah dan para wakasek. Alhamdulillah, baik para peserta dan pihak sekolah sudah berkumpul, jadi acara pun bisa segera dimulai.


Bertindak sebagai moderator ialah Hanif, dan notulisnya Nishrin. Acara pertama adalah pembacaan ayat suci Al Quran oleh Fajar dan terjemahannya oleh Ida. Kemudian dilanjutkan dengan sambutan dari ketua panitia, Rezanda, ketua MPK, Rayanda, dan kepala sekolah, bapak Agus Suherman.


Ketua Forkis 2009


Lalu masuk ke acara pemutaran video singkat mengenai SMANSA dan aspirasi untuk SMANSA. Semua yang ada di ruangan itu langsung tertarik apalagi ketika awal pemutarannya. Namun tidak hingga selesai, pemutaran video di cut oleh pembina kami karena mungkin terlalu panjang atau kurang jelas soundnya. Dan kita pun beranjak ke acara selanjutnya, yaitu penyampaian aspirasi.


Peserta Forkis di Aula Lantai 4 SMANSA


Setelah diberikan pengarahan singkat tentang tata cara menyampaikan aspirasi oleh moderator, sebagai awalnya panitia membuka 1 tarmen untuk 3 orang peserta. Kemudian aspirasi tersebut ditanggapi oleh pihak sekolah. Selanjutnya dibuka tarmen lagi untuk penyampaian aspirasi lainnya.


Begitu banyak aspirasi yang disampaikan oleh siswa kepada pihak sekolah, misalnya:

# pengadaan sekretariat untuk setiap organisasi maupun ekstrakurikuler, ditanggapi oleh pihak sekolah bahwa pihak sekolah masih dalam tahap membangun, jadi kalau kelas sudah selesai semua baru akan dikembangkan untuk sekretariat.

# ruang kantin yang agak pengap, ditanggapi oleh pihak sekolah bahwa jika saja ada tanah yang bisa dipakai lagi untuk membangun kantin bisa saja, namun sayangnya kawasan SMANSA terbatas. Mungkin akan diperbaiki dalam hal sirkulasi udaranya.

# keluhan mati listrik di lingkungan sekolah, ditanggapi oleh pihak sekolah bahwa itu terjadi karena masalah kuota pemakaian listrik yang diberikan terbatas, dan tidak sebanding dengan kapasitas pemakaian listrik di SMANSA. Pihak sekolah menaikkan kuota, namun pihak PLN nya juga harus menyesuaikan dulu. Jadi dimohon bersabar.

# Wi-fi sebaiknya dapat diakses dari mana saja di kawasan SMANSA, ditanggapi oleh pihak sekolah bahwa memang ada beberapa kawasan di SMANSA yang terhalang oleh gereja jadi aksesnya lambat.

# Pengadaan locker untuk kelas reguler, ditanggapi oleh pihak sekolah bahwa sekolah hanya menyesuaikan dengan standar. Untuk kelas Sbi mengapa ada locker, karena memang begitulah standar yang telah ditetapkan.


Kira-kira itu adalah sebagian dari aspirasi yang telah disampaikan dan ditanggapi. Waktu pun berjalan terus, berhubung bapak kepala sekolah juga ada keperluan di Bandung, jadi acara akan disudahi. Namun sebelum acara selesai, panitia memutuskan untuk memberikan kuasa pada 2 orang untuk mengumpulkan aspirasi dari teman-teman satu barisnya agar dapat terangkum dan disampaikan secara langsung ke pihak sekolah. Karena begitu banyaknya aspirasi, alhasil 2 orang itu pun ke depan sambil membawa kertas yang isinya daftar aspirasi dari para peserta yang belum sempat maju.


Penyampaian aspirasi pun berakhir. Panitia pun mengucapkan terima kasih kepada bapak kepala sekolah, wakil kepala sekolah, pembina, serta para peserta yang telah hadir saat itu. Semoga realisasinya dapat terlaksana secepatnya. Terima kasih juga kepada panitia, MPK Oriens, yang telah bahu membahu untuk melaksanakan acara ini. Semoga dapat membawa manfaat dan menjadi pengalaman untuk kita semua ya.


Panitia FORKIS 2009 -- We are ORIENS :)


Salam, Oriens.

The soul of one

The voice of one

The spirit and the power of SMANSA

We hear we see we talk and do

We are always for SMANSA

0 komentar: